Kamis, 11 Januari 2024 13:52

Target Swasembada Pangan, Mentan Bersama Sekda Sultra Lakukan Penanaman Jagung di Konut

Rate this item
(0 votes)
Menteri Pertanian Ri, Andi Amran Sulaiman didampingi Sekda Sultra, Asrun Lio dan Bupati Konut, Ruksamin disambut tarian saat kunjungan di Konut Menteri Pertanian Ri, Andi Amran Sulaiman didampingi Sekda Sultra, Asrun Lio dan Bupati Konut, Ruksamin disambut tarian saat kunjungan di Konut

KONUT,GAGASSULTRA.COM-Menteri Pertanian (Mentan) RI, Andi Amran Sulaiman diampingi Sekretaris Daerah (Sekda), Asrun Lion mewakili Pj Gubernur melakukan penanaman biji jagung di Desa Anglhipo, kecamatan andowia, Kabupaten Konawe Utara, Rabu (10/01/2024).

Kegiatan penanaman bibit jagung tersebut dilakukan guna peningkatan produksi komoditas pertanian di Sulawesi Tenggara khususnya di Kabupaten Konawe Utara.
Saat tiba di lokasi, Menteri Pertanian RI didampingi Bupati Konawe Utara, Ruksamin disambut dengan tarian Mondotambe atau biasa disebut tarian penyambutan tamu terhormat.

Andi Amran Sulaiman pada kesempatan tersebut mengatakan, peningkatan produksi dan produktivitas jagung dan padi untuk mencapai swasembada pangan di 2024, terutama dengan mekanisasi pertanian yang semakin canggih.

"Kita ingin swasembada, kita ingin berdaulat pangan. Saat ini 10 negara di dunia sedang mengalami ancaman kelaparan. Kita harus berjaya untuk Indonesia lumbung pangan dunia, Oleh sebab itu kita harus semakin berdaulat," ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan apresiasi Pemerintah Kabupaten Konut yang telah memanfaatkan mekanisasi untuk meningkatkan produksi dan produktivitas jagung. Untuk itu, Dia berharap para petani muda terus memanfaatkan teknologi untuk mencapai swasembada pangan.

"Aku ingin Konawe Utara semakin maju. Kalau kita berhasil merancang pertanian, Indonesia bisa menjadi negara dengan super power lima tahun lagi," ujar Amran.

Sementara itu, dalam sambutan Pj. Gubernur yang disampaikan Sekda Sultra, Asrun Lio mengucapkan terima kasih atas kehadiran Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman di Bumi Anoa, khusunya di Kabupaten Konawe Utara.

"Pada kesempatan ini kami ucapkan terima kasih kepada bapak Menteri Pertanian atas kunjungan kerjanya di Kabupaten Konawe Utara guna menghadiri kegiatan penanaman jagung untuk meningkatkan produktifitas jagung di Sultra khususnya di Kabupaten Konawe Utara," ujarnya.

Lebih lanjut, Asrun Lio juga menyampaikan beberapa hal terkait pengembangan pertanian secara luas di Provinsi Sulawesi Tenggara khususnya di Kabupaten Konawe Utara.
"Potensi lahan dan produksi pertanian di Sultra perlu terus ditingkatkan khususnya di Kabupaten Konawe Utara yang merupakan salah satu daerah produsen jagung di Sultra," lanjutnya.

Untuk itu, Asrun Lio berharap dengan kehadirian bapak Menteri dan rombongan memberi harapan dan semangat bagi insan pertanian dalam membangun pertanian di Sultra. Pihaknya juga mengajak semua komponen perlu membangun sinergitas dengan mengoptimalkan potensi sumberdaya yang dimiliki demi kemandirian dan keamanan pangan di Provinsi Sultra.

"Melalui bapak Menteri kami juga menitipkan harapan agar pertanian di Sultra terus mendapatkan perhatian dari pemerintah pusat terutama alokasi anggaran baik melalui dana dekonsentrasi maupun tugas perbantuan sehingga bisa mendukung pencapaian swasembada beras dan jagung secara nasional," harapnya.

Di akhir sambutannya, Asrun Lio mengatakan Pemerintah Provinsi Sultra siap mendukung dan mensukseskan program kementerian pertanian dalam upaya menyiapkan pangan bagi seluruh masyarakat.

Adapun bantuan yang diberikan dari Kementerian Pertanian RI, menyerahkan bantuan benih kelapa sebanyak 10 ribu batang untuk 5 ribu kepala keluarga di Kabupaten Konawe Utara, bantuan P2L holtikultura sebesar 500 juta diberikan kepada 10 kelompok tani di Konut masing-masing 50 juta. Bantuan benih holtikultura, benih jeruk 5.000 btg, benih mangga 500 btg dan bantuan benih tanaman pangan, benih jagung hibrida sebanyak 9.000 kg kepada kelompok tani di Konawe Utara.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Forkopimda Sultra, Sekda Konawe Utara, Kepala Dinas Tamanan Pangan dan Peternakan (Distanak) Sultra, Wakil Bupati Konawe Utara, Forkopimda Konawe Utara, Kepala BI, dan Kepala BRIN. (Red)

Read 42 times

Pencarian