Minggu, 10 Desember 2023 15:32

Tingkatkan Keterampilan Menjahit, Disperindag Sultra Gelar Pelatihan di Baubau

Rate this item
(0 votes)
Kadis Perinda Sultra, Hj Sitti Saleha Kadis Perinda Sultra, Hj Sitti Saleha

KENDARI,GAGASSULTRA.COM-Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) terus melakukan pembinaan keterampilan kepada masyarakat. Salah satunya pekan lalu, Dinasperindag Sultra melakukan pelatihan kepada 20 warga Kota Baubau menjahit guna meningkatkan keterampilan mereka.

Kepala Dinas Perindag Sultra, Hj Siti Saleha melalui Asesor Manajemen Mutu Industri H Oon Zulfikar di Baubau, Jumat, mengatakan, pelatihan ini juga bertujuan agar masyarakat menjadi mandiri dan dapat meningkatkan perekonomiannya.

"Tentunya kalau kita punya keahlian atau kemampuan tentu akan bisa menyejahterakan dari sisi ekonomi. Kegiatan ini pada dasarnya untuk meningkatkan pendapatan masyarakat, karena ketika mereka punya keahlian otomatis penghasilan akan bertambah," ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, pelatihan menjahit selama dua hari bekerja sama dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Baubau itu baru pertama kali digelar sepanjang 2023.

Ilustrasi

"Pelatihan di Baubau ini baru pertama, dan kemungkinan akan menyusul di Kabupaten Buton," ujarnya.

Sedangkan tenaga pelatih, kata dia, berasal dari daerah Baubau sendiri sebagai upaya pemberdayaan masyarakat setempat.

"Jadi kita manfaatkan semua masyarakat, kita tidak datangkan dari luar kalau di daerah punya potensi," imbuhnya.

Melalui pelatihan menjahit itu, kata Zulfikar, diharapkan bisa menambah lapangan kerja dengan meningkatnya keterampilan masyarakat khususnya di bidang tersebut.

"Harapan kita ini tidak berhenti sampai di sini saja, tapi bisa dikembangkan dengan melihat produk-produk seperti sarung kursi, kampurui, membuat tas dan produk lainnya yang bisa bermanfaat untuk digunakan," ujarnya.

Untuk diketahui Dinas Perindag Sultra dibawah kepemimpinan Kadis Hj Sitti Saleha sepanjang tahun terus melakukan pembinaan untuk peningkatan kapasitas masyarakat sehingga mampu meningkatkan kesehajteraan. (Red)

Read 63 times

Pencarian