Senin, 27 November 2023 18:26

Pemrov Sultra Kembali Buka Job Fair 2023

Rate this item
(0 votes)
Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sultra, LM Ali Haswandy Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Sultra, LM Ali Haswandy

- Gandeng Puluhan Perusahaan buka Lowongan Kerja
KENDARI,GAGASSULTRA.COM-Pemerintah Provinsi (Pemrov) Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Transmigrasi dan tenaga Kerja (Transnaker) bakal melaksnakan Job Fair atau bursa kerja. Kegiatan ini rencananya bakal digelar di Atrium Lippo Plaza Kendari selama tiga hari (29 Nov-1 Des 2023).

Demikian diungkapkan, kepala Dinas Transnaker Sultra, LM Ali Haswandy kepada media ini beberapa waktu lalu.

Dikatakan, job fair yang kesian kalinya ini melibatkan sedikitnya 25 perusahaan yang sudah mendaftar hingga hari ini. Dan diperkirakan jumlah formasi yang tersedia sebanyak 813 lowongan kerja dan bisa bertambah hingga 1.000-an loker.

"Jadi pada bursa kerja itu, setiap perusahaan berkesempatan melakukan sosialisasi mengenai profil serta lowongan (kebutuhan karyawan) baik secara off line maupun online," ujarnya.

Pelaksanaan job fair itu bertujuan mempertemukan antara pencari kerja dengan perusahaan yang membutuhkan calon-calon karyawan sesuai spesifikasi dan kualifikasi yang dibutuhkan.

"Adanya ketidakseimbangan antara persediaan kebutuhan kerja, baik segi kualitas maupun kuantitas dibutuhkan pasar kerja merupakan salah satu penyebab masalah pengangguran di Indonesia, khususnya di Sulawesi Tenggara. Disamping minimnya informasi mengenai kesempatan kerja yang diterima masyarakat atau pencari kerja," ungkapnya.

Untuk itu, kata Ali Haswandy menyebutkan job fair juga digelar sebagai upaya mengatasi masalah bertambahnya angka pengangguran di Sulawesi Tenggara. Dengan kegiatan tersebut, pencari kerja dapat memperoleh informasi seluas-luasnya baik mengenai jumlah kebutuhan karyawan maupun ketentuan yang dipersyaratkan setiap perusahaan.

Dalam job fair kali ini juga pihak penyelenggara menggelar kegiatan talk show membahas isu seputar siap kerja dalam rangka meningkatkan wawasan pencari kerja. Nara sumber dihadirkan selain Dinas Transnaker Sultra juga dari Pusat Kerja Kementerian Ketenagakerjaan RI.

Selai itu, pihaknya juga mengharapkan, pameran bursa kerja dari perusahaan membuka lowongan bagi penyandang disabilitas untuk meniti karir dengan memberikan hak yang sama dengan karyawan lain.

Sebab, penyandang disabilitas memiliki hak yang sama dengan orang awam pada umumnya, termasuk dalam pekerjaan dan kewirausahaan karena di atur dalam UU nomo.8 tahun 2016 tentang penyandang disabilitas.

Jadi tidak ada alasan untuk diskriminatif terhadap disabilitas. Semua orang berhak dan mempunyai aksesibilitas yang sama dalam proses rekrutmen di perusahaan apa saja, termasuk meniti karier di perusahaan milik daerah maupun milik negara.

Read 79 times

Pencarian