Sabtu, 19 Agustus 2023 01:23

Mahasiswa KKN Tematik Fakultas Kedoteran UHO Gelar Penyuluhan dan Pemeriksaan Kesehatan

Rate this item
(16 votes)
Mahasiswa KKN Tematik Fakultas Kedokteran UHO saat melaksanakan kegiatan penyuluhan dan pemriksaan kesehatan Mahasiswa KKN Tematik Fakultas Kedokteran UHO saat melaksanakan kegiatan penyuluhan dan pemriksaan kesehatan

KENDARI,GAGASSULTRA.COM-Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Halo Oleo (UHO) yang di tempatkan di Kelurahan Nambo Kecamatan Nambo, Kota Kendari, Provinsi Sulawesi tenggara (Sultra) menggelar penyuluhan kesehatan baru-baru ini. Kegiatan ini di berlokasi di SMPN 11 Kendari dengan sasaran edukasi remaja atau siswi.

Ketua kegiatan KKn Tematik Fakultas Kedokteran UHO, Dr.dr.Hj, Juminten Saimin , Sp.Og pada kesempatan tersebut mengatakan, kegiatan ini merupakan implementasi program NSG-5 dalam upaya peningkatan status kesehatan 5 kelompok rentan gizi.

"Edukasi tersebut mengenai anemia dan bagaimana cara pencegahan anemia dalam segi asupan gizi,"ungkapnya.

Mahasiswa KKN Tematik Fakultas Kedokteran UHO saat melakukan pemeriksaan kesehatan kepada siswi SMPN 11 Kendari

Dikatakan, remaja putri dianggap lebih banyak berisiko karena tiap bulan mengalami haid. Selain itu, remaja putri akan menjadi calon ibu yang akan melahirkan sehingga pemeriksaan diprioritaskan kepada remaja putri sebagai bekalnya nanti.

"Harapannya dengan adanya penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan mengenai anemia terhadap remaja putri, bisa membantu masyarakat terkhusus para remaja sehingga deteksi dini anemia bisa ditindaklanjuti oleh dokter dan puskesmas,"harapnya.

Dari pemeriksaan tersebut, kata Juminten Saimin, didapatkan 90 persen remaja putri tidak mengkonsusmsi tablet penambah darah yang diberikan puskesmas setempat karena takut.

"Dengan adanya edukasi yang dilakukan mahasiswa mahasiswa kami ini bisa memberikan pemahaman dan berdampak baik kepada para siswi atau remaja putri,"ungkapnya.

Mahasiswa saat memberikan penyuluhan kesehatan

Selain penyuluhan mahasiswa FK UHO tersebut juga melakukan pemeriksaan kesehatan bagi remaja putri dan juga membagikan leaflet edukasi mengenai anemia yang diharapkan dari remaj putri tersebut dapat secara mandiri dalam pencegahan anemia.

Diketahui pula kegiatan KKN Tematik ini diketuai oleh Dr. dr. Hj. Juminten Saimin, Sp. OG (K) yang beranggotakan dr Arimaswati, M.Sc, dr Nina Indriani Nasruddin, M.Kes., M. Gizi, Ns. Saida, M.Kes, Tien, S.Si., M.Sc. (Adm)

Read 1124 times

Pencarian