Senin, 23 Oktober 2023 11:08

PKMI-UHO Latih Masyarakat Desa Ollo Wakatobi Produksi Mie Instan dan Bakso Sehat dari Bahan Uwi Kano dan Opa

Rate this item
(1 Vote)
Pelatihan Pembuatan Mie Instan Dan Bakso Sehat  Berbahan Tepung Glukomanan Dari Uwi Kano Tersubstitusi  Rumput Laut Di Desa Ollo Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi oleh Tim Program Kemitraan Masyarakat Internal UHO (PKMI-UHO) Tahun 2023  foto : Ist Pelatihan Pembuatan Mie Instan Dan Bakso Sehat Berbahan Tepung Glukomanan Dari Uwi Kano Tersubstitusi Rumput Laut Di Desa Ollo Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi oleh Tim Program Kemitraan Masyarakat Internal UHO (PKMI-UHO) Tahun 2023 foto : Ist

Dr. La Harimu, S.Pd,  M.Si : “Ini Salah Salah satu Upaya Pemanfaatan Bahan Baku Lokal”

WAKATOBI, GAGASSULTRA.COM – Universitas Halu Oleo kembali menggelar kegiatan pelatihan yang memberikan pengetahuan kepada masyarakat dalam memanfaatkan bahan makanan sehat. Kegiatan ini merupakan salah satu dari bagian Program Kemitraan Masyarakat Universitas Halu Oleo (UHO) Tahun 2023. Pelatihan kali ini diberikan kepada masyarakat Desa Ollo Kecamatan Kaledupa Kabupaten Wakatobi Minggu (22/10/2023). 

Tim yang terlibat dalam program ini terdiri dari 6 orang yakni Dr. La Harimu, S.Pd., M.Si (Ketua Tim) dan beberapa rekan lainnya yakni Dr. Murni Nia, M.Si (Anggota), Mariani L., M.Sc (Anggota) dan Wa Ode Mulyana, M.Sc (Anggota).

UHO 1

Ketua Tim pelatihan Dr. La Harimu, S.Pd, M.Si mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk Meningkatkan nilai ekonomi tanaman uwi kano dan opa sebagai salah satu hasil pertanian masyarakat di Kecamatan Kaledupa dan Kaledupa Selatan Kabupaten Wakatobi.

“Selain itu juga memanfaatkan salah satu hasil utama wakatobi yaitu rumput laut sebagai bahan substitusi bahan pangan yang bergizi,” kata La Harimu.

UHO 3

Kata La Harimu, pembuatan bakso dan mie berbahan dasar tepung glukomanan dari uwi kano dan opa merupakan salah satu upaya diversifikasi pangan local untuk menunjang ketahanan pangan local dan nasional.

La Harimu menambahkan, jika upaya ini memberikan nilai manfaat ia berharap ke depan diharapkan inovasi pembuatan produk di Kecamatan Kaledupa dan Wakatobi umumnya upaya pembuatan variasi bahan pangan local perlu digalakkan.

UHO 4

“Ini juga diharapkan dapat menciptakan produk unggulan dan generasi cerdas karena mengkonsumsi pangan local yang sehat dan bergizi berbahan dasar uwi kano dan opa dan rumput laut merupakan bahan makanan bernilai gizi tinggi,” kata La Harimu Lagi. (Red)

Read 91 times

Pencarian