Selasa, 07 Februari 2023 17:32

Terpilih Aklamasi Sebagai Ketua Kadin Buton, LM Sumarlin Komitmen Bangkitkan Perekonomian dan Investasi di Buton

Rate this item
(0 votes)
PJ Bupati Buton, Drs Basiran MSi didampingi Ketua Karateker Kadin Buton,Alvian dan pengurus Kadin Sultra saat membuka secara resmi Muskab IV Kadin Buton PJ Bupati Buton, Drs Basiran MSi didampingi Ketua Karateker Kadin Buton,Alvian dan pengurus Kadin Sultra saat membuka secara resmi Muskab IV Kadin Buton

Laporan : Hasrin Ilmi

BAUBAU,GAGASSULTRA.COM-Musyawarah Kabupaten IV Kamar Dagang dan Industri Indonesia Buton (Muskab IV Kadin Buton), Senin (06/02/2023) di salah satu hotel di Kota Baubau berjalan dengan baik. Dan hasilnya, LM Sumarlin terpilih secara aklamasi melalui proses yang sangat dinamis. Muskab dikemas apik dalam tema “Satukan Hati Bangkitkan Ekonomi Buton”.

Muskab IV Kadin Buton tersebut di buka secara resmi oleh PJ Bupati Buton, Drs Basiran,MSi yang ditandai dengan pemukulan gong, didampingi Ketua Karateker Kadin Buton Alvian Taufan Putra, unsur pengurus Kadin Sultra, unsur Forkopimda Buton Kasi Intel Azer Jongker Orno SH MH mewakili Kajari Buton, Kasat Reskrim Busrol Kamal SH MH mewakili Kapolres Buton, serta unsur pengurus Kadin Sultra.

Pada kesempatan tersebut, Basiran mengajak pengurus Kadin Sultra dan Kadin Buton bersinergi dengan Pemkab Buton, dalam menumbuhkan dunia usaha, memanfaatkan potensi alam Buton.

Diantaranya potensi Aspal Buton begitu melimpah yang telah mendunia sejak zaman penjajahan. Tak hanya itu, sebab ada pula potensi pertanian, perikanan termasuk pariwisata yang belum dikelola secara maksimal.

“Semua ini haruslah dikelola dengan baik. Dan ini juga merupakan peluang bagi Kadin untuk turut serta berkalaborasi dengan Pemkab Buton dalam pengembangan potensi, demi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Buton,” kata Basiran dalam sambutannya.

Dikatakan, potensi aspal Buton sangat besar dan akan menjuarai pasar aspal dunia. Karena kualitas aspal alam Buton melebihi kualitas aspal Alam lainnya di dunia. Aspal Buton berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh PT Wika Bitumen, bukan hanya menghasilkan aspal, tetapi juga minyak, avtur dan turunan lainnya.

Seluruh potensi Buton bila dikelola lebih baik, maka akan meningkatkan devisa negara. Saat ini Indonesia masih mengimpor aspal yang menghabiskan devisa negara kurang lebih Rp 9 ltriliun per tahun, karena hanya mampu

menyiapkan aspal Buton 0,9 % untuk kebutuhan dalam negeri.

Presiden RI juga pada kunjungannya di Buton telah menegaskan untuk memanfaatkan aspal alam Buton. Bahkan Presiden RI telah menginstrusikan untuk menghentikan impor aspal 2 tahun kedepan.

“Saya juga mengajak Kadin untuk melihat UKM yang merupakan salah satu potensi di Kabupaten Buton. Untuk menggerakan ekonomi masyarakat,”ungkapnya.

Ketua Karateker Kadin Buton, Alvian Taufan Putra pada kesempatan tersebut mengatakan, Kadin Buton dibawah kepemimpinan LM Sumarlin sebagai sebuah harapan. Satu spirit baru yang bakal menghentak, mendorong, membawa perubahan pada aspek perdagangan dan industri di Buton, ke arah yang lebih berkemajuan, sehingga dapat berdampak pada peningkatan taraf hidup dan kesejahteraan masyarakat. Memupuk daya saing tumbuh kembang para enterpreneur muda di kabupaten induk yang telah melahirkan Kota Baubau, Kabupaten Wakatobi, Bombana, Buton Selatan, dan Buton Tengah tersebut.

Ketua Kadin Buton terpilih, LM Sumarlin

“Sebagai putra daerah saya memiliki komitmen untuk menyelaraskan Kadin dan Pemkab Buton dalam memanfaatkan potensi yang ada. Untuk itu, sejak awal kami merencanakan kegiatan hari ini jauh hari, sehingga Kadin Buton dapat dipimpin oleh orang yang penuh dedikasi melalui forum Muskab ini,” kata Alvian dalam sambutannya.

Sementara itu, Ketua Kadin Buton terpilih LM Sumarlin kepada sejumlah wartawan berjanji akan memegang teguhamanah sebagai ketua dengan penuh rasa tanggung jawab dengan integritas yang tinggi. Untuk itu, Erin sapaan akrab LM Sumarlin meyakini Kadin Buton mumpuni dengan komitmen serta semangat kekompakkan, gotong royong seluruh pengurusnya, dan tak lepas pula, koordinasi/komunikasi kerjasama yang baik dengan pihak eksternal.

“Saya berjanji akan mengangkat potensi Buton, khususnya dibidang perikanan, pertanian, peternakan, pertambangan, maupun dibidang lainnya, yang bisa mensejahterakan masyarakat Buton, dan Sultra,” ucap ikrar moril Sumarlin yang juga pentolan Buton Study Club (BSC) Makassar ini.

Lebih lanjut dikatakan, dirinya pulang untuk membangun dan membuka investasi di Buton. Dengan pengalaman yang mumpuni dalam dunia usaha yang telah dibangunnya selama ini bertekad membangkitkan semua potensi di Buton untuk meningkatkan kesejahteraan dan investasi yang sehat.

"Alhamdulillah saya dipercayakan memimpin Kadin Buton walaupun saya sudah lama di luar daerah. Saya niat pulang ke daerah untuk membangun dan membuka investasi baru di Buton” ungkapan tulus Sumarlin.

Target utama Sumarlins menahkodai Kadin Buton, adalah anti mainstream. Bisa mengirim hasil perikanan dan potensi lainnya, baik secara domestik maupun ekspor, secara gelondongan maupun hasil olahan.

Tak lupa pengusaha muda sukses yang tetap sederhana dan menjunjung tinggi nilai-nilai kearifan lokal Buton ini, berterimakasih kepada Ketua Kadin Sultra dan jajaran pengurus, terkhusus kepada Pj Bupati Buton dan jajarannya. Sembari berharap agar komitmen serta sinergi bersama ini dapat berbuah hikmah kebaikan bagi masyarakat Buton.(***)

 

Read 197 times

Pencarian