Selasa, 18 Oktober 2022 12:29

Buton Utara Layak Punya Bandara,Moeldoko : Saya Akan Perjuangkan

Rate this item
(0 votes)
Moeldoko didampingi Bupati Butur, Ridwan Zakariah saat meninjau lokasi bandara Moeldoko didampingi Bupati Butur, Ridwan Zakariah saat meninjau lokasi bandara

Buton Utara Layak Punya Bandara, Moeldoko: Saya Siap Perjuangkan

Peliput : Adhir

BUTUR,GAGASSULTRA.COM- Kepala Staf Kepresidenan, Jenderal (Purn) Moeldoko berjanji bakal memperjuangkan dibangunnya Bandar Udara (Bandara) di Kabupaten Buton Utara (Butur).

 

"Tugas saya nanti akan mengakselerasi dan mengkomunikasikan lebih efektif lagi dengan kementerian terkait sehingga bisa segera terealisasi. InshaaAllah saya akan berjuang untuk itu,," tutur Moeldoko ketika mengecrk langsung lokasi rencana pembangunan bandara di Desa Lantagi, Kecamatan Kulisusu, Selasa 18 Oktober 2022.

 

Mantan Panglima TNI itu menyebut secara teknis lokasinya sangat baik dan berada tak jauh dari laut. Ditambah tanah keras yang cocok untuk pembangunan Bandara. 

 

Ditanya soal target, ia bilang pembangunan bandara tidak hanya soal lahan dan anggaran, namun sangat kompleks karena harus melibatkan banyak stakeholder. 

 

Keberadaan Bandara di sebuah daerah salah satu fungsinya adalah mobilitas baik orang maupun barang yang dipastikan bakal meningkat

 

"Mari doa bersama kita wujudkan bandara ini," tutupnya. 

 

Di tempat yang sama, Bupati Buton Utara Ridwan Zakaria menyebut sudah menyiapkan lahan seluas 100 hektar. Nantinya panjang bandara direncanakan 1.500 meter dan bisa diperpanjang lagi.

 

Keinginan Ridwan Zakaria membangun bandara karena ingin ada kolaborasi dan bersinergi dengan Kabupaten Konawe Kepulauan dan Kabupaten Wakatobi yang merupakan 10 top destinasi wisata Indonesia.

 

"Kehadiran bandara akan picu ekonomi masyarakat, dan kami bisa sejajar dengan daerah lain. Mudah-mudahan jenderal bisa ikut bantu," pinta Bupati kepada Moeldoko.

 

Jaraknya sendiri hanya 15 menit dari pusat Kota Ereke. Rencananya pula nanti sejumlah rumah-rumah warga akan direlokasi. Warga pun menurutnya sudah ikhlas dan meminta dipindahkan di pesisir. 

 

'Karena mereka kebanyakan nelayan, kami juga sudah siapkan lahan wakaf," papar Bupati.

 

Read 293 times

Pencarian