Kamis, 02 Maret 2023 17:47

Buton Selatan Kaya Potensi Wisata, Beberapa Obyek Raih Juara Nasional

Rate this item
(0 votes)
Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman bersama Kadis Pariwisata Busel La Ode Harwanto dalam sebuah acara adat di Buton Selatan Pj Bupati Buton Selatan La Ode Budiman bersama Kadis Pariwisata Busel La Ode Harwanto dalam sebuah acara adat di Buton Selatan

La Ode Harwanto : “Tahun 2023, 11 Desa Masuk Ajang ADWI”

BUTON SELATAN, GAGASSULTRA.COM - Kabupaten Buton Selatan memiliki potensi pariwisata yang beragam. Mulai dari potensi alam, potensi budaya hingga minat khusus. Termasuk kondisi lingkungan yang asri yang dimiliki oleh Desa yang tersebar di Seluruh Wilayah Buton Selatan. Potensi ini tampaknya belum maksimal terjual. Padahal, dalam beberapa waktu terakhir, Buton Selatan pernah meraih juara Nasional untuk beberapa kategori Desa Wisata.

La Ode Harwanto

                                                       Kadis Pariwisata Buton Selatan La Ode Harwanto

Kadis Pariwisata Buton Selatan La Ode Harwanto mengakui jika membangun Pariwisata butuh Perjuangan yang tidak mudah. Apalagi dengan mempersiapkan segala kebutuhan yang mendukung terciptanya iklim Pariwisata yang baik.

“Kita memang memiliki banyak potensi dan telah banyak meraih prestasi di tingkat Nasional seperti desa Burangasi kategori Desa budaya terbaik, Pantai La Gunci tahun 2022, 5 besar, bukit la Mando masuk 5 besar API anugerah Pesona Indonesia, Jembatan Lingkar Lapoili Peringat ke 3 Nasional, Kabura Burana peringkat ke 3 Desa Wisata, Air Tawar Watiginanda peringkat 4. Ini potensi yang luar biasa. Namun kita sadar semua butuh kerja keras untuk menjadikannya sebagai potensi andalan,” kata Harwanto.

Tahun 2023 Kata harwanto, di masa pemerintahan Pj Bupati La Ode Budiman, potensi desa Wisata ini sangat intens dikembangkan. Bahkan, Tahun 2023 ini Buton Selatan mempersiapkan 11 Desa yang akan megikuti penilaian dalam rangka Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) oleh Kementerian Pariwisata dan ekonomi Kreatif. “Keunikannya ada di sisi atraksi budaya, kearifan local, kehidupan sosial, termasuk keindahan alam, seperti pantai dan terkait Potensi Ekonomi kreatifnya,” tambah Harwanto.

WhatsApp Image 2023 03 02 at 14.44.55

Seorang Andhika yang memiliki Hobby berwisata mengharapkan, potensi wisata harus dilengkapi dengan sarana pendukung. Agar masyarakat bisa tertarik mengunjungi obyek wisata di daerah. “Potensinya sudah bagus, tapi sarana dan prasarananya juga harus dilengkapi. Kan itu menambah daya tarik juga,” kata Andhika. (Din)

Read 251 times

Pencarian