Rabu, 13 Maret 2024 12:04

Lurah Bone-Bone Ajak Masyarakat Tingkatkan Kebersamaan di Bulan Ramadhan

Rate this item
(1 Vote)
Lurah Bone-Bone Ramadhan, A.Md saat mengisi mimbar ceramah di Masjid Nurul Ikhsan Selasa Malam (12/3/2024) Lurah Bone-Bone Ramadhan, A.Md saat mengisi mimbar ceramah di Masjid Nurul Ikhsan Selasa Malam (12/3/2024)

Ramadhan, A.Md : “Kegiatan Religi dan Pemerintahan Tetap Sejalan

BAUBAU, GAGASSULTRA.COM – Bulan Suci Ramadhan menjadi momen untuk menebar kebaikan. Selain kegiatan Ibadah, banyak hal yang juga sangat penting dilakukan diantaranya menjalin komunikasi yang baik antar sesama warga masyarakat.

Hal ini disampaikan Lurah Bone-Bone Ramadhan, A.Md saat mengisi mimbar ceramah di Masjid Nurul Ikhsan Kelurahan Bone-Bone Selasa Malam (12/3/2024) atau malam kedua Bulan Ramadhan 1445 H.

“Beberapa hal yang menjadi perhatian khususnya di Bulan Ramadhan ini tentunya paling utama adalah perbanyak pundi-pundi amal untuk kesempurnaan puasa.  Saling menghargai dan menghormati selama menjalankan ibadah puasa,” kata Ramadhan dihadapan ratusan Jamaah Tarwih.

WhatsApp Image 2024 03 13 at 11.05.38

Selain itu, ia mengingatkan agar masyarakat juga memperhatikan beberapa hal. Mengingat Bone-Bone adalah kawasan pesisir, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan. Diantaranya berhubungan dengan cuaca khususnya yang bermukim di peisisir pantai.

“Kita saling mengingatkan juga agar lebih waspada, khususnya yang ada di tepi pantai. Karena cuaca yang tidak menentu jadi harus lebih waspada,” tambahnya.

Untuk menopang kegiatan ibadah, ia menekankan pentingnya keterlibatan masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan untuk mencapai khusuknya ibadah puasa.  Termasuk memastikan pelayanan lelurahan tetap berlangsung sebagaimana mestinya, menyesuaikan dengan surat edaran Pemerintah Kota tentang pelayanan selama Bulan Suci Ramadhan.

Dalam ceramahnya Lurah Bone-Bone juga menekankan pada pentingnya sikap saling menghormati dan menghargai antar sesama warga, termasuk yang berhalangan puasa karena aktivitas dan alasan lainnya untuk tidak makan minum di tempat umum, sehingga tidak mengganggu warga yang sedang menjalankan ibadah puasa.

Ardin Ilham, seorang tokoh pemuda mengatakan, memang idelnya pemerintah Kelurahan memberikan pendampingan setiap kegiatan masyarakat. Termasuk kegiatan selama bulan Ramadhan. Sebab, banyak hal yang perlu dilaksanakan khususnya yang berhubungan dengan ibadah dan sosial kemasyarakatan.

“Bagus kalau pemerintah kelurahan memberikan pendampingan kepada masyarakat. bukan saja di bulan Ramadhan tapi di setiap aktivitas yang dilaksanakan. Sehingga kegiatan bisa berjalan sesuai yang diharapkan,” ujar Ardin Ilham. (Red)

Read 60 times

Pencarian