Jumat, 09 Februari 2024 11:51

Libur Nasional, Dinas Dukcapil Baubau Tetap Buka Pelayanan Demi Sukseskan Pemilu 2024

Rate this item
(1 Vote)
Suasana Kantor Dinas Dukcapil Baubau yang tetap memberi pelayanan meskipun Libur Nasional Jumat (9/2/2024) Suasana Kantor Dinas Dukcapil Baubau yang tetap memberi pelayanan meskipun Libur Nasional Jumat (9/2/2024)

Arif Basari : “Kita tetap Siap Layani Hingga Hari H Pencoblosan”

 

BAUBAU, GAGASSULTRA.COM - Menjelang Hari Pencoblosan Tanggal 14 Februari, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Baubau meningkatkan pelayanan kepada Masyarakat. Pelayanan dokumen Kependudukan tetap diberikan kepada masyarakat meskipun hari libur.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Dukcapil Kota Baubau Arif Basari yang ditemui di Kantornya Jumat (9/2/2024).

WhatsApp Image 2024 02 09 at 10.52.35 1

Kadis Dukcapil Baubau Arif Basari bersama masyarakat yang tengah mengurus Data Kependudukan

 

Menurut Arif Basari, saat ini pihaknya terus melakukan perekaman KTP kepada masyarakat. Terutama bagi mereka yang baru memenuhi syarat khususnya bagi pemilih pemula.

“Khusus jelang Pemilu, kami tetap melayani masyarakat meskipun Libur Nasional. Karena kita ingin memastikan khususnya semua wajib pilih yang belum melakukan perekaman KTP agar bisa menjadi pemilih,” kata Arif Basari.

Saat ini kata Arif Lagi, sesuai data khusus Kota Baubau masih ada sekitar 1218 Wajib pilih yang telah terdaftar namun belum melakukan perekaman KTP.

WhatsApp Image 2024 02 09 at 10.52.36 1

“Masih ada sekitar 1218 wajib pilih yang belum melakukan perekaman. Dan ini sebagian besar adalah pemilih pemula yang baru terdaftar. Makanya kita dalam beberapa hari menjelang Hari H pemilu kita terus melakukan perekaman. Semoga para wajib pilih yang belum melakukan perekaman bisa terlayani agar bisa menyalurkan haknya di pemilu 2024.” Ucapnya.

Selain KTP secara Fisik, Arif Basari juga menyarankan masyarakat yang telah mengurus KTP juga mendownload aplaikasi KTP elektronik. Ini juga akan membantu untuk memudahkan identifikasi data kependudukan.

“Kita tetap layani sampai Hari H Pencoblosan, tentunya sebelum selesai pemungutan suara. Semoga momen ini bisa dimanfaatkan masyarakat agar bisa memilih,” katanya lagi.

WhatsApp Image 2024 02 09 at 10.52.37

Firdha Nurul Ilmi, seorang pemilih pemula yang ditemui di Kantor Dukcapil Baubau mengaku senang karena telah memiliki kesempatan untuk memilih setelah memiliki KTP.

“Saya sudah 17 tahun dan sekarang mengurus KTP. Jadi tahun ini saya sudah bisa memilih dan sudah masuk dalam Daftar Pemilih,” kata siswa SMA kelas XII ini.

Fariz, seorang warga yang juga ditemui di Kantor Dukcapil Baubau mengatakan, ia dan beberapa rekan juga melakukan perekaman. Prosesnya sangat cepat dan mudah. Ia berharap pelayanan seperti ini terus ditingkatkan.

“Kita diberikan pelayanan yang cepat dan bisa langsung selesai saat itu juga. Tinggal menyiapkan Kartu keluarga dan mengisi form secara online selesai,” kata faris.

Kegiatan perekaman KTP di Kota Baubau juga dilakukan di seluruh wilayah Kecamatan. Kegiatan ini untuk menjaring masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP. (Din)

Read 34 times

Pencarian