Rabu, 07 Februari 2024 11:59

Pj Wali Kota Baubau Terbitkan Edaran Himbauan Membeli Produk UMKM Baubau

Rate this item
(1 Vote)

Dr. Muh. Rasman Manafi, S.P, M.Si : “Beli Produk Lokal, Bantu Tingkatkan Ekonomi”

BAUBAU, GAGASSULTRA.COM – Kehadiran produk lokal yang merupakan hasil dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) Kota Baubau menjadi salah satu indicator kemajuan daerah. Pasalnya, potensi yang dimiliki daerah dapat dikenal melalui produk yang dipasarkan.

WhatsApp Image 2024 02 07 at 11.03.26

Ketua Dekranasda Kota Baubau Ny Reffiani Dwiatmo saat meninjau produk kain tenun lokal masyarakat Bone-Bone pada kegiatan Display Tenun Bone-Bone 2024 

Potensi dan peluang ini tampaknya menjadi perhatian khusus Pj Wali Kota Baubau Dr. Muh Rasman Manafi. Bahkan langsung mengeluarkan Surat Edaran yang berisi himbauan kepada seluruh ASN dan pihak swasta serta stakeholder untuk membeli produk UMKM Kota Baubau.

WhatsApp Image 2024 02 07 at 11.03.22

Dalam surat edaran Nomor 5/SE/HK/2024 tertanggal 1 Februari 2024 Pj Wali Kota Baubau menyampaikan Pemerintah Kota Baubau dan Dekranasda berkomitmen untuk meningkatkan produktivitas pelaku UMKM dan IKM berkelanjutan. Untuk itu mengharapkan dukungan semua pihak dalam rangka mendorong peningkatan penggunaan produk dalam negeri (Produk lokal) dan Inovasi daerah.

WhatsApp Image 2024 02 07 at 11.03.26 1

Ketua Dekranasda Kota Baubau Ny Reffiani Dwiatmo saat meninjau produksi Katapayi Sulaa 

“Dengan membeli produk Lokal, kita dapat membantu meningkatkan perekonomian lokal dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat lokal. Selain itu dapat meningkatkan daya saing produk lokal Kota Baubau di Kancah Nasional dan Pasar global,” demikian disampaikan Pj Wali Kota Baubau.

Hal ini juga menjadi perhatian khusus Ketua Dekranasda Kota Baubau Ny Reffiani Dwiatmo Rasman dalam beberapa kesempatan. Khususnya kegiatan yang melibatkan pelaku UMKM di Baubau. Ia menilai, banyak potensi UMKM yang ada di Baubau dan sangat butuh sentuhan. Salah satunya yang berkaitan dengan pemasaran produk. Bahkan, kerap berkeliling mengunjungi para pelaku UMKM di Kota Baubau.

WhatsApp Image 2024 02 07 at 11.03.23 1

Saat ini kata Reffiani Dwiatmo, Dekranasda Kota Baubau telah membuat daftar e-katalog untuk produk unggulan UMKM Kota Baubau. Wadah ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh pelaku UMKM di Baubau untuk memasarkan produk.

“Saat ini kita terus lakukan perencanaan yang matang untuk mengangkat dan melakukan promosi untuk produk UMKM Lokal. Kita sudah buat e-katalog di Dekranas dan semua produk unggulan UMKM Baubau kita promosikan. Kita ajak pelaku UMKM untuk bekerja bersama. Kkita banyak potensi dan ini harus dilakukan pendampingan,” kata Reffiani Dwiatmo.

WhatsApp Image 2024 02 07 at 11.03.25

Umiati, salah seorang pengrajin Kain tenun Buton menyapaikan apresiasi atas keseriusan ketua Dekranasda Kota Baubau terhadap pengembangan produk lokal. Melalui perhatian ini, ia berharap akan meningkatkan perekonomian para pengrajin lokal.

“Kami sangat bersyukur karena mendapat perhatian. Ini akan menjadi penambah semangat kami untuk terus berinovasi dan menghasilkan produk yang lebih baik. Semoga langkah ini bisa menjadi pembuka pintu rezeki kepada kami para pelaku usaha lokal,” kata Umiati. (Din)

Read 216 times

Pencarian