Jumat, 26 Januari 2024 16:45

Lurah Bone-Bone Prakarsai "Display Tenun Bone-Bone 2024" di Lippo Plaza Baubau

Rate this item
(1 Vote)
Lurah Bone-Bone Ramadhan di Lokasi Persiapan DIsplay Tenun Bine-Bone 2024 di Lippo Plaza Baubau Jumat (26/1/2024) Lurah Bone-Bone Ramadhan di Lokasi Persiapan DIsplay Tenun Bine-Bone 2024 di Lippo Plaza Baubau Jumat (26/1/2024)

Ramadhan : “Menggali Potensi, Mendukung Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrim”

 

BAUBAU, GAGASSULTRA.COM – Potensi Kelurahan Bone-Bone yang berada di kawasan pesisir pantai tidak hanya dikenal sebagai produsen ikan. Namun, kalangan ibu rumah tangga juga dikenal handal dalam memproduksi kain tenun secara manual.

Namun sayang, potensi ini tertimbun bertahun tahun. Alhasil, potensi yang dimiliki masyarakat hanya sebatas jadi kegiatan rutin masyarakat.

WhatsApp Image 2024 01 25 at 15.42.59

Hal ini yang membuat Lurah Bone-Bone Ramadhan kembali melakukan sebuah terobosan. Ia optimis selama ini Kelurahan yang dipimpinnya itu kaya potensi. Bahkan, ia telah melakukan komunikasi dengan para tokoh dan masyarakat untuk menjadikan potensi yang ada untuk lebih dikembangkan.

Salah satu yang akan jadi inovasi adalah Dsplay Tenun Tradisional Bone-Bone tahun 2024 yang diagendakan berlangsung sejak tanggal 26 hingga 28 Januari 2024 di Lippo Plaza Baubau.

WhatsApp Image 2024 01 25 at 15.42.57

“Bone-Bone memiliki banyak potensi dan jika dikelola dengan baik akan menjadi peluang bagi masyarakat. Salah satunya tentang Tenun tradisional ini. Masyarakat Bone-Bone sejak lama menekuni ini dan banyak menghasilkan kain tenun. Tapi hanya sebatas dikelola di tingkat keluarga,” kata Ramadhan.

Untuk itu, sejak diberi amanah sebagai Lurah, ia mulai melakukan terobosan. Saat itu sukses melaksanakan kegiatan festival kuliner di tepi pantai Bone-Bone. Kemudian menggerakkan elemen pemuda untuk melaksanakan berbagai kegiatan sosial.

WhatsApp Image 2024 01 26 at 15.29.24

Ramadhan menambahkan, kegiatan ini sekaligus sebagai bentuk dukungan program pemerintah yakni percepatan penghapusan kemiskinan ekstrim. Karena aktivitas ini bisa menggerakkan UMKM dan memberi peluang peningkatan ekonomi.

Faritz salah seorang penggiat media sosial menilai, Upaya Lurah Bone-Bone ini sangat inovatif dan patut diberi apresiasi. Ia dinilai sebagai sosok yang mampu membaca potensi masyarakat. Apalagis selama ini potensi itu dibiarkan tidak dikembangkan.

WhatsApp Image 2024 01 25 at 15.42.58 1

“Bagus kalau ada lurah yang inovatif seperti ini, karena jika ada potensi yang ada di tengah masyarakat, harusnya menjadi peluang bagi kesejahteraan masyarakatnya. Tapi kalau dibuat inovasinya, pasti lambat laun akan menjadi daya tarik dan pasti akan bermanfaat bagi masyarakat,” kata Faritz.

Kegiatan Display Tenun Bone-Bone 2024 dijadwalkan dihadiri Pj Wali Kota Baubau Dr Muh Rasman Manafi dan Ketua Dekranasda Kota Baubau Ny Reffiani Dwiatmo di Lippo Plaza Baubau Jumat malam (26/1/2024). Selain menyiapkan peralatan tenun tradisional, di lokasi kegiatan juga disiapkan produk UMKM. Juga ada kegiatan Workshop dan Diskusi. (Din)

Read 100 times

Pencarian