Minggu, 17 September 2023 14:54

Kotamara Dipadati Siswa PAUD Dalam Kegiatan Semarak PAUD 2023

Rate this item
(1 Vote)
Bunda PAUD Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse saat menghadiri Semarak OAUD 2023 di Kotamara Baubau Minggu (17/9/2023) Bunda PAUD Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse saat menghadiri Semarak OAUD 2023 di Kotamara Baubau Minggu (17/9/2023)

Wa Ode Nursanti Monianse : “PAUD, Belajar dalam Suasana Bermain”

 

BAUBAU, KERATONNEWS.CO.ID – Perhatian terhadap pendidikan anak usia dini menjadi salah satu prioritas pemerintah Kota Baubau. Untuk memenuhi harapan ini, Dinas Pendidikan Kota Baubau yang berkolaborasi dengan Ikatan Guru Taman kanak Kanak dan Bunda PAUD kerap melaksanakan kegiatan yang melibatkan seluruh PAUD dan TK yang juga disaksikan oleh seluruh orang tua.

WhatsApp Image 2023 09 17 at 13.59.57

Salah satu kegiatan yang dilaksanakan yakni Semarak PAUD Tahun 2023 yang dipusatkan di kawaan Kotamara Baubau Minggu (17/9/2023). Ribuan siswa PAUD Hadir memadati pelataran Kotamara dengan mengenakan seragam dominan merah. Suasana ini masih dalam nuansa kemerdekaan ke-78 tahun.

Ketua IGTKI Sultra Dra. Sasmin, M.Pd menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan atas terselenggaranya kegiatan ini. Terkhusus kepada Bunda PAUD Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse yang turut hadir menyemangati anak anak.

WhatsApp Image 2023 09 17 at 14.00.03 3

“Hari ini semarak sekali dan berkat kolaborasi semua pihak dalam meingkatkan mutu PAUD. Termasuk bagaimana kita memaknai transisi PAUD-SD. Dalam hal ini siswa PAUD dalam kegiatan belajarnya dalam suasana bermain,” ujar Sasmin.

Wa Ode Nursanti Monianse selaku Bunda PAUD Kota Baubau juga menyampaikan rasa bangganya. Khususnya saat menyaksikan kekompakan para guru dan orang tua yang mendampingi kegiatan PAUD. Ia menilai suasana ini akan menjadi harapan bagi peningkatan kualitas belajar bagi anak.

WhatsApp Image 2023 09 17 at 14.00.03

“Suasana belajar PAUD itu masih dominan bermain. Belum dianjurkan untuk belajar baca, tulis dna hitung. Ternyata hal ini sangat membantu anak dalam mempersiapkan mental dan karakternya dalam mempersiapkan pendidikan ke tingkat selanjutnya,” kata Nursanti Monianse.

Ia juga menghimbau kepada kalangan orang tua dan guru untuk senantiasa mendamping tumbuh kembang anak. Salah satunya dengan memeberikan perhatian dalam mempersiapkan pendidikan anak sejak dini.

WhatsApp Image 2023 09 17 at 14.00.03 1

Sementara itu Ketua IGTKI PGRI Kota Baubau Rosnia Mane, S.Pd mengatakan, pembinaan karakter anak tidak hanya dari sisi akademik dan pembentukan mental. Tapi dari sisi pemenuhan gizi juga sangat mendukung peran anak dalam mewujudkan target pencapaian merdeka belajar.

“Kepada orang tua diharapkan mampu mendampingi anak dengan memberikan pemahaman mental dan karakter. Termasuk pemenuhan asupan gizi bagi anak tentunya,” kata Rosnia Mane.

WhatsApp Image 2023 09 17 at 14.00.03 4

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Baubau MZ Tamsir Tamim yang juga hadir menyaksikan Semarak PAUD 2023 turut memberikan motivasi khususnya kepada peningkatan pembinaan anak usia dini. Apalagi saat ini kurikulum yang diterapkan di jenjang sekolah mengarah pada kurikulum transisi PAUD-SD yang mengarah pada merdeka belajar.

“Pola pembinaan anak usis dini dan pendidikan menengah saat ini sudah menerapkan kurikulum merdeka. Jadi akan berbeda cara menerapkannya kepada anak didik. Khusus di tingkat PAUD juga harus menyesuaikan. Yang pasti target kita bagaimana mempersiapkan pendidikan anak sejak usia dini,” tutur Tamsir Tamim. (Red)

Read 439 times

Pencarian