Kamis, 30 Maret 2023 15:19

Panen Perdana Kebun Dapur Ibu Sorawolio, Ketua TP PKK Harap Masyarakat Manfaatkan Pekarangan

Rate this item
(2 votes)
Ketua TP PKK Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse melaksanakan Panen di Pekarangan Kebun Dapur Ibu (Kedai) Kecamatan Soraowilo Kamis (30/3/2023) Ketua TP PKK Kota Baubau Wa Ode Nursanti Monianse melaksanakan Panen di Pekarangan Kebun Dapur Ibu (Kedai) Kecamatan Soraowilo Kamis (30/3/2023)

Wa Ode Nursanti Monianse : “Dukung Pengembangan Potensi Pangan Lokal”

BAUBAU, GAGASSULTRA.COM - Pemanfaatan lahan pekarangan baik pekarangan rumah ataupun juga tempat kerja atau kantor dapat menjadi bagian penting dalam mendukung ketahanan pangan. Hal ini karena kebutuhan pangan keluarga secara kuantitas dan kualitas bisa terpenuhi dengan baik.

Demikian disampaikan Ketua TP PKK Kota Baubau Ibu Wa Ode Nursanti Monianse, saat melaksanakan Panen hasil pemanfaatan pekarangan  yang ada di kantor Kecamatan Sorawolio Kota Baubau,Kamis (30 maret 2023).

WhatsApp Image 2023 03 30 at 13.19.08 1

“Stok pangan yang bergizi dan aman secara berkala bisa dipenuhi dari kebun di pekarangan . Pemanfaatan lahan pekarangan bisa dilakukan sesuai keinginan atau selera kita. Tentu dalam pemanfaatannya kita bisa bekerja sama dengan dinas pertanian atau petugas lapangan pertanian yang ada di setiap kelurahan,” kata Nursanti Monianse.

Kegiatan Pemanfaan pekarangan ini kata Nursanti sejalan dengan program Kerja TP PKK kota Baubau khususnya Pokja 3. Kegiatan ini adalah merupakan rangkaian kegiatan yang menjadi salah satu inovasi dari TP PKK yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Baubau yakni program KEDAI ( Kebun Dapur Ibu). Program ini dilaksanakan di seluruh kecamatan dan Kelurahan se Kota Baubau. Sasaran utamanya adalah seluruh Anggota Dasa wisma di setiap kelurahan.

WhatsApp Image 2023 03 30 at 13.19.07

Beberapa tujuan Program KEDAI  atau kebun Dapur Ibu ini adalah Mendekatkan rumah dengan pasar dalam artian bahwa ibu ibu tidak perlu kepasar untuk kebutuhan rumah seperti sayur sayuran, cabe, dan yang lainnya. Membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan Inflasi. Memenuhi kebutuhan Gizi Keluarga. satu upaya untuk pencegahan terjadinya Stunting juga Program KEDAI dapat meningkatkan Pendapatan keluarga.

Menurut Ketua TP PKK  Kota Baubau ini Jika dikelola dengan baik makas pekarangan rumah dapat memberikan manfaat bagi kehidupan keluarga seperti tempat bermain, tempat rekreasi, sumber pangan dan juga sebagai sumber pendapatan. Pemanfaatan lahan pekarangan bisa mendukung ketahanan pangan nasional dengan memberdayakan potensi pangan lokal yang dimiliki masing-masing daerah.Ungkap Ibu Nursanti Monianse .

WhatsApp Image 2023 03 30 at 12.25.28

Menurutnya, pekarangan rumah jika dikelola dengan baik tentunya akan membuat lingkungan menjadi lebih menarik, nyaman, indah, sehat dan menyenangkan, serta dapat memberikan manfaat untuk keluarga.

“Tanaman bisa ditanam secara langsung atau bisa juga dengan menggunakan media polybag. Tidak perlu lahan yang luas untuk mencoba berkebun. Bahkan di teras  pun bisa di tanam ,” tutupnya. (Din)

Read 424 times

Pencarian